Sabtu, 12 Juni 2010

Penyakit bubul pada ayam bangkok

Penyakit ini disebabkan oleh luka-luka dibagian kaki yang kemudian membengkak dan akhirnya mengeras. hal ini bisa diakibatkan lantai kandang yang kasar/tajam atau bertarung dengan ayam lainya. Gejala yang terlihat antara lain pengerasan pada telapak kaki sehingga ayam menjadi pincang ketika berjalan. Oleh karena itu hal-hal yang dapat menyebabkan luka ditelapak kaki harus dihindari.

Jika menjumpai penyakit bubul pada ayam bangkok, peternak dapat melakukan pembedahan pada bagian yang luka. Pembedahan bubul dilakukan pada waktu bagian yang sakit itu sudah dingin (tidak panas lagi). Daerah perbatasan antara batang kaki (cakar/shank) dengan paha di ikat kencang supaya tidak terjadi pendarahan ketika dibedah.

Sebelum dibedah, kaki disuci hamakan terlebih dahulu dengan alkohol atau antiseptik. Pembedahan dimulai dengan menyayat kulit telapak kaki yang membengkak.Untuk menyayat bagian itu dapat digunakan pisau yang tajam atau silet yang telah dibersihkan dengan alkohol. Penyayatan dilakukan sampai pada pada gumpalan nanah kering, sehingga kotoran lain dalam telapak yang bengkak tersebut mudah dikeluarkan. Buka luka sayatan selebar-lebarnya sehinggga gumpala nanah kering dapat dikeluarkan. Selanjutnya, telapak kaki yang membengkak dikuret dan seluruh isinya dikeluarkan.

Biasanya pada isi luka tersebut ditemukan gumpalan nanah yang telah mengering dan berbentuk bulatan. Seluruh isi kotoran harus dikeluarkan sampai bersih. Jika pengambilan kotoran tidak bersih akan memungkinkan timbulnya gangguan lagi, misalnya ayam masih kesulitan berjalan. Darah yang keluar akibat urat yang terpotong harus dibersihkansampai darah sampai darah tidak mengalir lagi. Sesudah itu, taburkan bedak pembunuh kuman supaya tidak terjadi infeksi. Bagian yang disayat diolesi yodium secara merata agar kuman-kuman penyakit tidak dapat masuk. Luka ditutup dengan kapas secukupnya, lalu diikat dengan perban (kain kasa) supaya ayam tidak meraa terganggu ketika berdiri atau berjalan sekaligus untuk mempercepat proses penyembuhan. Bila perlu perban dan kapas dibasahi dengan rivanol setiap hari supaya penyembuhan dapat lebih cepat lagi.
 
Central Bangkok Farm Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template